Logo Header

Mengenal Lebih Dekat Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel dari Milenial

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 15 Mei 2021 14:29
Mengenal Lebih Dekat Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel dari Milenial

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Andi Sudirman Sulaiman, saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dari kalangan Millenial menggantikan posisi Nurdin Abdullah.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Pergantian posisi jabatan tertinggi di pemerintahan Sulsel ini setelah Nurdin Abdullah terseret kasus dugaan korupsi. Lalu, Andi Sudirman ditunjuk sebagai Plt Gubernur. Dan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel nonaktif.

Penunjukan Andi Sudirman menggantikan Nurdin Abdullah dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri pada Februari 2021. Andi Sudirman, sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Sulsel.

Sejak itu pula Andi Sudirman langsung tancap gas menjalankan tugasnya sebagai pelaksana Gubernur. Tak henti-hentinya terus berinovasi di pemerintahan.

Ada kebiasaan yang sering dilakukan Andi Sudirman saat menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel, yakni selalu hadir tengah-tengah masyarakat, berbagi kebahagiaan.

Namun kebiasaan itu tampaknya sudah tertancap dalam dirinya. Meski posisinya sudah menjabat sebagai Plt Gubernur Sulsel, kebiasaan itu tetap dihadirkan mengingat usianya yang masih millenial.

Kurang lebih dua bulan, Andi Sudirman sudah menjalani jabatan sebagai Plt Gubernur Sulsel. Berbagai inovasi pula telah dilakukan di pemerintahan Sulsel.

Sosoknya tidak pernah habis dibicarakan di tengah masyarakat. Mari mengenal lebih dekat dengan Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel dari Milenial.

Andi Sudirman Sulaiman lahir di Bone, 25 September 1983. Usianya kini baru 37 tahun. Dengan usia demikian, Andi Sudirman boleh dikata sebagai anak milenial.

Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Beda dengan Nurdin Abdullah dari kelompok baby boomers atau dari Gen X karena lahir pada tahun 1963.

Dengan posisi sebagai Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman adalah Gubernur termuda yang pertama kali dalam sejarah di pemerintahan Sulsel.

Andi Sudirman Sulaiman merupakan adik dari Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014–2019.

Andi Sudirman Sulaiman lahir dan menghabiskan masa remajanya di Kabupaten Bone. Dia merupakan anak ke-11 dari 12 bersaudara.

Ayah Andi Sudirman Sulaiman adalah anggota TNI sekaligus seorang petani. Sedang ibunya dalam keseharian menjadi ibu rumah tangga (IRT).

Ia mengawali jenjang pendidikannya di SD Inpres 10 73 Mappesangka, Bone (1989-1995), SLTP Negeri 1 (Ujung Lamuru) Lappariaja, Bone (1995-1998), dan SMU Negeri 1 Watampone (1998-2001).

Ia banyak aktif dan memimpin organisasi intra sekolah seperti OSIS, Pramuka dan sebagai salah satu inisiator berdirinya ROHIS di sekolahnya.

Berhasil menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun, ia juga terpilih dalam program “Thiess Undergraduate Scholarship Program” mewakili Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Program beasiswa ikatan dinas ini sebagai awal menapaki jenjang karier di dunia profesional perusahaan multinasional bersama PT Thiess Contractors Indonesia.

Selama kuliah, suami Naoemi Octarina itu juga aktif dalam organisasi luar kampus dan sebagai salah satu inisiator berdirinya pelajar mahasiswa “Forum Pelajar Mahasiswa” dan dipercayakan sebagai ketua umum pertama dalam organisasi tersebut.

Riwayat karier:

PT Offshore Services Indonesia (PMA Inggris/Singapura)

Posisi:

1. Project Manager (2017)

2. Deputy Project Manager (2013-2017)

-PHE ONWJ DP2 DSV Saturation Diving Campaign (2013-2017)
-ConocoPhillips DP2 DSV Saturation Diving Campaign (2014)
-PT Marine Engineering Services (PMA Inggris/Singapura)

Posisi:

1. Engineering Project Coordinator (2010-2014)

-ConocoPhillips EHMR EPCI Project (2012-2013)
-PHE ONWJ Subsea Pipeline and Structural Installation Engineering (2010-2014)

2. Lead Project Services (2009)

-ConocoPhillips – Tembang FEL Engineering Services
-ConocoPhillips – Bawal FEL 3 Define Phase Engineering Services
-PT Petrosea Tbk (PMA Australia)

Posisi:

-Senior Project Controls Engineer (2008-2009)
-Banpu Indominco – Bontang Coal; EPC Terminal Project Upgrade
-Ilham Habibie Bara Utama EPC Pakar Coal Project
-Cibaliung Sumber Daya (CSD) – Cibaliung Phase 2 Gold Project
-PT Thiess Contractor

Posisi:

-Project Controls Engineer (2007-2008)
-Project Controls Engineer (2005-2007)
-ConocoPhillips Suban EPC Phase 2 Gas Project.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 15 Mei 2021 14:29
Komentar