Logo Header

Viral Video Detik-detik Rumah Terbawa Tanah Longsor di Sinjai

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 15 Mei 2021 07:02

TEBARAN.COM, SINJAI – Sebuah video memperlihatkan rumah terbawa tanah longsor viral di media sosial. Kejadiannya di Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulsel, Jumat 14 Mei 2021 pagi.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Peristiwa ini sempat direkam warga setempat. Dalam video rekaman tersebut terdengar suara takbir saat satu unit rumah panggung itu terbawa tanah longsor.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar (berulangkali),” terdengar suara dari warga.

Rumah tersebut memang terlihat rawan, posisinya lebih rendah dibandingkan bahu jalan. Lalu di belakangnya, ada sungai. Saat rumah itu terbawa tanah beruntungnya juga tidak sampai terbawa aliran air sungai.

Rumah tersebut mengalami rusak berat terdorong oleh material longsor dan sebagian bahu jalan antar desa Pattongko dan Desa Bonto. Dan syukurnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Hanya saja mengakibatkan kerugian materi karena sebagian rumah pemilik sudah rusak. Pemilik rumah tersebut diketahui bernama Muh Yusuf.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Budiaman mengatakan bahwa rumah terbawa tanah longsor dampak dari hujan beberapa hari terakhir di Sinjai.

“Dampak dari hujan itu selain genangan air di dalam kota juga satu unit rumah terbawa tanah longsor,” kata Budiaman dikutip dari Tribuntimur.

Selain rumah Yusuf mengalami kerusakan, juga jalan poros desa di atasnya poros Pattongko ke Bonto mengalami retak sepanjang 50 meter.

Tanah tersebut amblas sehingga membahayakan pengguna jalan yang melintas.

Dari kejadian ini, Budiaman bersama pemerintah desa setempat memindahkan segera rumah yang terbawa tanah longsor itu ke lokasi yang lebih aman.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 15 Mei 2021 07:02
Komentar