Logo Header

Ucapan Gus Yaqut di Hari Kenaikan Yesus Kristus yang Bersamaan Idulfitri 1442 H

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Kamis, 13 Mei 2021 12:04
Yaqut Cholil Quomas
Yaqut Cholil Quomas

TEBARAN.COM, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut memberikan ucapan selamat kepada umat Kristiani dalam rangka memperingati Kenaikan Yesus Kristus.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Umat Kristiani memperingati hari Kenaikan Yesus Kristus bersamaan dengan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah bagi umat Islam yang jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Maka tahun ini menjadi momen di mana dua agama yang berbeda, yaitu Islam dan Kristen serta Katolik memperingati hari besar secara bersamaan.

Idul Fitri atau Lebaran dirayakan oleh umat Islam sebagai hari kemenangan setelah menunaikan puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Sedangkan Kenaikan Isa Al Masih atau Kenaikan Yesus Kristus diperingati oleh umat Nasrani di Indonesia, baik Kristen Katolik maupun Kristen Protestan.

“Besok (Kamis 13 Mei) adalah hari yang istimewa untuk Sahabatku Umat Kristiani, yaitu Kenaikan Yesus Kristus ke Surga,” tulis Gus Yaqut di Twitter miliknya, Rabu.

Ucapan Gus Yaqut memberi pesan kepada umat Kristiani agar dalam pelaksanaan ibadah dan perayaan Kenaikan Yesus Kristus dapat menerapkan protokol kesehatan.

“Selamat melaksanakan Ibadah dan Perayaan, jaga kesehatan dengan Disiplin #Prokes5M,” tuturnya.

Di Indonesia, perayaan Hari Kenaikan Isa Al Masih ditetapkan sebagai hari libur nasional. Kenaikan Yesus Kristus diperingati pada 39 hari setelah Minggu Paskah, 40 hari setelah Sabtu Paskah, atau 41 hari setelah Jumat Agung.

Tahun 2021 Masehi ini, Hari Paskah jatuh pada Minggu 4 April 2021. Maka 39 hari setelahnya, yakni tanggal 13 Mei 2021, merupakan Hari Kenaikan Isa Al Masih yang kebetulan berbarengan dengan Hari Raya Idulfitri bagi umat muslim sebagaimana yang ditetapkan dalam hasil Sidang Isbat oleh Kementerian Agama RI.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Kamis, 13 Mei 2021 12:04
Komentar