Logo Header

Resep Opor Ayam dan 5 Ide Menu Pendamping Ketupat saat Lebaran Idulfitri

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Rabu, 12 Mei 2021 13:56
Opor Ayam (Ist)
Opor Ayam (Ist)

TEBARAN.COM – Hidangan opor ayam di hari lebaran Idulfitri paling enak dinikmati dengan ketupat. Rendang, sambal ati dan makanan berkuah lainnya tak kalah nikmat jika disandingkan dengan ketupat.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Menu ketupat memang setiap hari Raya Idul Fitri atau Lebaran salah satu makanan wajib dihidangkan dalam merayakan hari kemenangan. Ketupat terbuat dari beras dan dibungkus daun janur kelapa.

Ketupat biasanya dimakan dengan beberapa lauk. Rasa ketupat yang hambar dengan tekstur padat, sangat nikmat disantap dengan makanan berkuah. Opor ayam salah satunya, dan beberapa menu berkuah.

Untuk menyiapkan hidangan hidangan istimewa Idul Fitri maka simak resep opor ayam di bawah ini dan lima ide menu makanan berkuah enak dimakan bersama ketupat.

Resep Menu Opor Ayam

Bahan:
Satu ekor ayam, potong sesuai selera menjadi delapan bagian atau lebih. Lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit, kemudian bersihkan.
Santan atau susu cair

Bumbu halus:
6 siung bawang merah, tumis
3 siung bawang putih, tumis
4 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1,5 sdt jinten, sangrai
1/2 sdt lada
1/2 sdt pala
4 cm kayu manis

Bumbu lain:
2 batang serai
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
Satu ruas jari jahe, geprek
5 cm lengkuas, geprek
Garam, gula secukupnya

Cara:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai wangi dan tanak. Lalu masukkan bumbu lain seperti serai, daun salam, daun jeruk, jahe dan lengkuas.

Masukkan ayam, aduk rata hingga daging ayam berubah warna. Masukkan air hingga ayam terendam, tutup panci. Tunggu hingga air menyusut, lalu koreksi rasa dengan gula dan garam. Tambahkan santan atau susu sesuai selera. Bila ingin kuahnya banyak, tambahkan santan atau susu lebih banyak. Opor ayam siap dinikmati.

Selain opor ayam, ada juga beberapa jenis makanan berkuah yang cocok dihidangkan bersama ketupat saat momen Lebaran tiba. Seperti di bawah ini;

1. Rendang

Rendang adalah menu wajib Lebaran lainnya. Biasanya, rendang menggunakan daging sapi, tapi untuk momen Lebaran Anda bisa mengganti dengan ayam ataupun telur. Rendang cocok disajikan sebagai lauk pendamping ketupat.

2. Sate ayam

Jika bosan dengan makanan berkuah, Anda bisa coba padukan ketupat dengan sate ayam. Perpaduan ketupat dengan sate ayam berbumbu kacang yang manis sangatlah nikmat.

3. Semur daging

Semur daging terkenal memiliki cita rasa gurih dengan aroma rempah yang kuat. Ketupat cocok juga disantap bareng kuah semur daging.

4. Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur lodeh termasuk makanan kesukaan banyak orang. Sayur khas yang terbuat dari irisan tipis labu siam dan bumbu santan, serta sedikit pedas ini cocok jadi makanan pendamping ketupat Lebaran. Rasanya makin lezat jika ditambah kerupuk dan taburan bawang goreng.

5. Sayur Labu

Labu merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dengan cara direbus sebagai lalapan, ditumis, atau diolah dengan kuah santan. Selain opor ayam, sayur labu juga cocok disantap dengan ketupat.

Selamat menikmati!!!!

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Rabu, 12 Mei 2021 13:56
Komentar