Logo Header

10 Amalan Terbaik dan Doa yang Dibaca Rasulullah di Akhir Puasa Ramadan

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Rabu, 12 Mei 2021 04:09
10 Amalan Terbaik dan Doa yang Dibaca Rasulullah di Akhir Puasa Ramadan

TEBARAN.COM – Amalan terbaik yang bisa dilakukan di akhir Ramadan, dan juga doa yang dibaca Rasulullah SAW di akhir puasa Ramadan.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Ramadan tahun ini segera berakhir, tak menunggu lama lagi tinggal menghitung jam umat muslim sudah akan melaksanakan hari kemenangannya.

Pemerintah telah mengumumkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 yang artinya umat Muslim segera berpisah dengan Bulan Suci Ramadhan.

Dengan itu umat muslim akan segera merayakan Lebaran Hari Raya Idulfitri 1442 H. Memanfaatkan detik-detik akhir bulan Ramadan ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan ibadah dan doa.

Umat Muslim selayaknya mulai meningkatkan amal ibadah sejak memasuki 10 hari terakhir Ramadhan 2021. Karena pada 10 hari terakhir itu keberkahan semakin ditambah oleh Allah. Terutama pada saat turunnya malam Lailatul Qadar yang sangat dinantikan umat Muslim.

Barang siapa yang mendapatkan malam lailatul qadar maka jika dia berdoa minta ampun semua dosanya akan diampuni. Lailatul Qadar merupakan malam paling mulia dan disebut malam seribu bulan.

Di akhir puasa Ramadan juga semestinya umat Muslim memperbanyak membaca doa. Doa akhir Puasa Ramadan yang dibaca Rasulullah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahumma la taj’al akhiral’ahdi min shiyamina iyyahu, fain ja’altahu fa’jalni marhuma, wa la taj’alni mahruma.

Artinya: “Ya Allah janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir untuk kami berpuasa. Jika pun Engkau mentakdirkan ini Ramadhan terakhir, jadikanlah aku orang yang mendapat rahmat-Mu, jangan Engkau jadikan aku orang yang malang”.

Islam juga membolehkan membaca doa apapun selama itu mengandung kebaikan saat penghujung Ramadan untuk meraih keberkahan dan pahala dari seluruh amalan -amalan selama bulan Ramadan.

Dikutip dari Islami.co, dalam riwayat Jabir bin Abdullah al-Anshari disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu mengingatkan untuk membaca doa di akhir Ramadan.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Imam Bukhori dari Aisyah Radhiya Allahu’anha. Rasulullah SAW bersabda:

“Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari 10 malam terakhir di bulan Ramadan”. (HR Bukhori).

10 amalan terbaik dan doa yang bisa dipanjatkan agar meraih malam Lailatul Qadar:

1. Doa Minta Puasa Diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Wahai Tuhan kami… terimalah puasa kami, shalat kami, ruku’ kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungفْسِك

Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

6. Membaca syahadat tiga kali.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.” Dibaca tiga kali.

7. Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Artinya, “Aku memohon ampunan Allah.” Dibaca tiga kali.

8. I’tikaf

Rasulullah SAW dalam beberapa hadisnya memberikan teladan apa yang seharusnya dilakukan jika berada pada 10 hari terakhir bulan ramadhan. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwasanya ‘Aisyah berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم (إذا دخل العشر شد مئزره، وأحيا ليله، وأيقظ أهله) متفق عليه وفي رواية مسلم: (كان يجتهد في العشر الأواخر ما لا يجتهد في غيره).

“Jika masuk 10 hari akhir bulan ramadhan Rasulullah SAW mengencangkan ikat sarungnya, beliau menghidupkan malamnya dan membangunkan isterinya. Dan dalam riwayat imam Muslim: “Rasulullah SAW bersungguh-sungguh (dalam melakukan ibadah) pada 10 hari akhir bulan ramadhan dibandingkan hari-hari selainnya”

9. Membaca Selawat

Umat yang paling dikenal Nabi dan paling berhak mendapat syafaat beliau adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat. Barang siapa membaca shalawat satu kali maka Allah menulisnya sepuluh kebaikan. Doa ini dibaca 100 kali.

اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ

10. Membaca Kalimat Tahlil

Barang siapa membaca kalimat ini tiga kali setiap malam, maka seolah ia menemukan pahalanya yang sama dengan Lailatul Qadar dan dibaca 3 kali setiap malam.

لَا إله إِلَّا اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Wallahu A’lam

Semoga Ramadan ini, seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dapat diterima seluruh amalan-amalan ibadahnya. Dan dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadan tahun-tahun berikutnya.

Semoga juga amalan-amalan dan kebaikan-kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadan dapat dilanjutkan, yang tidak hanya dilakukan di bulan Ramdahan saja. Amiin.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Rabu, 12 Mei 2021 04:09
Komentar