Logo Header

Warga Negara China Masuk RI untuk Kerja Proyek Strategis Nasional

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 08 Mei 2021 11:25
Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

TEBARAN.COM, JAKARTA – Terkait kedatangan puluhan warga negara asing (WNA) asal China Masuk Indonesia di tengah pandemi Covid-19 dan larangan warga Indonesia mudik lebaran menjadi sorotan publik.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Namun kedatangan WN China Masuk Indonesia, pemerintah pastikan sudah memenuhi aturan keimigrasian dan aturan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Jhoni Ginting melalui keterangan tertulisnya Jumat malam, seperti dikutip dari Merdekacom, Sabtu 8 Mei 2021.

Aturan yang dimaksud yaitu Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Penanganan setiap warga negara asing yang datang ke Indonesia telah mengikuti aturan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para WNA tidak lulus pemeriksaan kesehatan oleh petugas,” kata Jhoni.

Jhoni mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) sesuai protokol kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional. Setelah pemeriksaan kesehatan, petugas Imigrasi juga akan memeriksa seluruh dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian setiap WNA yang akan masuk ke Indonesia.

“Terkait kedatangan WNA ke Indonesia, kami sampaikan bahwa mereka yang datang telah memperoleh rekomendasi dari instansi terkait dan akan bekerja di proyek strategis nasional, bukan untuk tujuan wisata,” ungkapnya.

Diketahui, hingga saat ini, pelarangan masih berlaku untuk WNA yang ingin datang dengan tujuan wisata. Pemerintah juga telah menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan serta Visa on Arrival (VOA) sejak awal Maret 2020 untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19.

Sebelumnya diberitakan, ada 85 warga dari China dilaporkan dengan bebas masuk Indonesia dengan menggunakan pesawat sewaan. Mereka mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa 4 Mei 2021.

Kedatangan WNA asal China itu dibenarkan juga Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara.

“Benar, pada Selasa 4 Mei 2021, jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN Cina dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Arya dikutip dari InewsYogya, Jumat 6 Mei 2021.

Arya menjelaskan, Ditjen Imigrasi telah melakukan pemeriksaan soal status keimigrasian puluhan warga negara China tersebut.

Tak hanya itu, kata Arya, puluhan warga negara China itu juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan aturan atau protokol yang berlaku.

“Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes. Secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020,” ujarnya.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Sabtu, 08 Mei 2021 11:25
Komentar