Logo Header

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur Setelah Makan Sahur Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Selasa, 27 April 2021 10:53
Tidur Satelah Makan Sahur (foto: bidanku.com)
Tidur Satelah Makan Sahur (foto: bidanku.com)

TEBARAN.COM – Sahur bagi mereka yang menjalani puasa adalah rutinitas penting. Selain sebagai anjuran nabi, juga menambah kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa, namun ada kebiasaan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa yaitu tidur setelah makan sahur, padahal tidur setelah makan sahur akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Makan sahur tidak harus dengan porsi yang banyak. Porsi makanan saat sahur harus tepat dan memperhatikan keseimbangan nutrisi.

Kebiasaan-kebiasan yang tidak baik bagi kesehatan harus dihindari, agar kita menjalani puasa tetap kuat, hingga masuk waktu berbuka puasa.

Bahaya Tidur Setalah Makan Sahur

Menurut Mark B. Orringer, profesor dan kepala bedah ortoraks di University of Michigan, tidur setelah sahur sangat berbahaya bagi kesehatan.

Bagi mereka yang pernah mengalami asam lambung atau yang dikenal dengan Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Sebab, tidur setelah makan bisa membuat isi perut kembali ke kerongkongan.

Hal tersebut terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Tubuh butuh waktu untuk mencerna makanan yang kita konsumsi saat sahur.

Nah, sementara tubuh paling nyaman mencerna makanan dalam posisi tegak. Posisi ini akan membuat pencernaan lebih mudah bekerja.

Berapa lama harus menunggu baru kita bisa melanjutkan tidur setelah makan sahur?

Jadi berbaring setelah makan sahur dapat menyebabkan isi perut naik ke kerongkongan, dan memicu GERD serta berbagai masalah pencernaan lainnya.

Sebaiknya berbaring setelah makan sahur, dalam waktu dua jam hingga tiga jam setelah makan sahur.

Dalam waktu ini, memungkinkan pencernaan bekerja cukup efektif, dan makanan yang masuk di dalam perut sudah berpindah ke usus kecil.

Selain bisa memicu GERD atau naiknya asam lambung, tidur setelah makan juga memiliki efek buruk lain bagi kesehatan, di antaranya gangguan tidur dan penambahan berat badan.

Bagi kalian yang mengalami GERD, saat sahur usahakan konsumsi makanan yang bergizi dan tidak berlebihan.

Ada beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan di antaranya pisang dan ubi jalar. Selain itu, kalian juga diasarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung triptofan tinggi.

Triptofan merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan diolah menjadi serotonin serta melatonin.

Makanan ini bisa mengatasi masalah gangguan tidur setelah makan sahur. Sedangkan makanan asam dan pedas perlu dihindari karena bisa mengiritasi pencernaan.

Tak hanya menkonsumsi itu, usahakan kita mencari aktivitas lain setelah sahur untuk menghindari tidur.

Aktivis bermanfaat seperti bersih-bersih rumah, olahraga pagi, mengerjakan tugas yang belum selesai, nonton televisi, atau ngobrol dengan keluarga.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Selasa, 27 April 2021 10:53
Komentar