Logo Header

Detik-detik Dosen UIN Alauddin Meninggal Saat Ceramah di Masjid

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Senin, 26 April 2021 17:15

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Ustaz Ruddin Emang, pensiunan dosen UIN Alauddin Makassar meninggal dunia saat sedang memberikan ceramah di masjid.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Ustaz Ruddin dahulu merupakan dosen UIN Alauddin Makassar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Detik-detik Dosen UIN meninggal terekam kamera video CCTV masjid. Itu terjadi di masjid Baiturrahman, Panaikang, Kota Makassar, Senin 26 April 2021.

Dalam video yang beredar itu, almarhum tampak membawakan kultum di atas mimbar usai salat duhur di Masjid Baiturrahman Panaikang.

Ustaz Ruddin tampak sudah akan mengakhiri kultum-nya. Dia mengangkat kedua tangan mengajak jemaah berdoa. Namun tiba-tiba dia tak sadarkan diri di atas mimbar.

Para jemaah yang berada di masjid pun kaget dan langsung mengangkat almarhum dari mimbar.

Humas UIN Alauddin Makassar, Andi Jamaluddin membenarkan kabar duka tersebut. Andi menyebut Rudin meninggal saat membawakan ceramah siang tadi.

“Iya benar, Tadi setelah Zuhur,” kata Andi.

Andi mengatakan Ruddin dalam kondisi sehat sebelum memberikan ceramah. Ia belum bisa memastikan apakah Ruddin memiliki riwayat penyakit atau tidak.

“Beliau masih sehat saat ceramah tapi tiba-tiba (meninggal). Selama ini juga kita jarang bertemu karena harus mengajar sistem online, cuman kalau dilihat kondisinya beliau sehat,” ujarnya

Ruddin Emang merupakan pensiunan dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. “Almarhum sudah pensiun,” kata Kasubag Kerja Sama UIN Alauddin Makassar, Ismi Sabaria,

Saat ini, jenazah Ruddin telah berada di rumah duka, yang lokasinya berada tepat di belakang Masjid Baiturahman. Sejumlah keluarga dan kerabat mulai berdatangan ke rumah duka

Sebelumnya, istri Ruddin Emang yaitu Rahmiyati Razak diketahui juga telah menghadap sang pencipta satu bulan lalu. Tepatnya pada 13 April 2021.

“Anaknya juga dosen di Tarbiyah UIN Alauddin. Satu bulan yang lalu istrinya (Rahmayati Razak) duluan menghadap ilahi,” kata Ismi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Humas UIN Alauddin Makassar.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Senin, 26 April 2021 17:15
Komentar