Logo Header

IKN di Kaltim, Akses Lebih Merata Ke Seluruh NKRI

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 09 April 2021 01:13
IKN di Kaltim, Akses Lebih Merata Ke Seluruh NKRI

TEBARAN.COM, JAKARTA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor didaulat menyampaikan Kuliah Umum Universitas Indonesia (UI) yang dilaksanakan oleh Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI di lantai 5 Gedung IASTH Salemba, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Gubernur Isran Noor menyampaikan materi tentang Potensi dan Keberlanjutan ibu kota negara di Kalimantan Timur. Dihadapan peserta kuliah umum yang merupakan mahasiswa pasca sarjana UI, dijelaskan secara rinci bagaimana awal ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, pada 29 Agustus 2019 lalu.

Dipilihnya Kaltim sebagai lokasi IKN, lanjut Isran Noor, tidak lain karena memiliki beberapa poin keunggulan dibanding calon lokasi lainnya, diantaranya lokasi strategis di tengah-tengah Indonesia, tersedianya lahan milik negara (efisiensi lahan), minimnya resiko bencana dan dekat dengan dua kota yang terus berkembang.

Selanjutnya, memiliki infrastruktur yang lebih lengkap dibandingkan daerah lainnya di Kalimantan, masyarakatnya heterogen dan memiliki budaya terbuka, serta memenuhi perimeter pertahanan dan keamanan yang baik.

Selain itu, sebut Isran, keunggulan lain dari lokasi IKN yang ditetapkan di sebagian wilayah Penajam Paser Utara (Sepaku) dan Kutai Kartanegara (Samboja) adalah status lahan milik negara atau berstatus kawasan hutan, didukung kondisi fisik topografi inti IKN relatif tinggi dan berbukit.

Tidak ada gunung berapi. Tersedia air bersih dan tidak terlalu jauh dari pantai. Kondisi ekonomi yang diapit dua kota berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda. Terakhir posisi geostrategis di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Hadir secara offline dan online Rektor UI Prof Ari Kuncoro beserta jajaran akademisi UI, Direktur SIL UI Dr Tri Edhi Budi Soesilo, Direktur SKSG Athor Subroto, Prof Emil Salim, Kepala Bappeda Kaltim HM Aswin dan Kepala Biro Humas HM Syafranuddin(*)

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 09 April 2021 01:13
Komentar