Logo Header

Webiner Berseries: Genjot Soft Skill Mahasiswa MPI UIN Alauddin dalam Berwirausaha

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 04 April 2021 08:12
Webiner Berseries: Genjot Soft Skill Mahasiswa MPI UIN Alauddin dalam Berwirausaha

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Alauddin Makassar didorong untuk memiliki soft skill dalam berwirausaha. Selama tiga hari mereka dibekali materi kewirausahaan melalui webiner dengan berbagai tema sentral. Acara ini rangakaian dari perayaan Milad MPI Ke-27 tahun.

“Kami turut memberikan pengetahuan secara teknis kepada mahasiswa kami, yang walaupun mereka adalah mahasiswa MPI, namun butuh juga pengetahuan tentang kewirausahaan sebagai soft skill yang berguna dalam menciptakan peluang kerja baru,” katanya.

Milad yang digelar 1-3 April 2021 bertemakan “Optimalisasi Manajemen Soft Skill Kewirausahaan melalui Penguatan Praktisi dan Akademisi”. Dikatakan Ridwan, webiner itu sebagai tindak lanjut dari program kampus merdeka belajar dan service learning.

“Sebagai bentuk penerapan service learning, nantinya saya berharap Jurusan MPI, UIN Alauddin Makassar bisa bekerja sama dengan Institute Teknologi dan Bisnis Kalla,” tuturnya. Hal ini diakuinya direspon baik Ketua Jurusan Manajemen dan Retail Bisnis Kallah, Anhar Januar.

Anhar Januar yang juga menjadi narasumber pada webiner seri pertama bertemakan “Berwirausaha yang Kreatif dan Islami” berpanel dengan Dosen MPI Dr Muhammad Yahya. Webiner dipandu Dr Syamsuddin ini dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Sulsel. Hadir juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr Marjuni.

Di hari kedua Webinar series bertemakan “Strategi Produksi” dengan menghadirkan dua narasumber. Keduanya, Dosen MPI, Drs Suarga dan Owner of Maeswara Basket dan Co Founder of Belindo (Belgium Indonesia Association), Masruroh Sulistyowati.

Kemudian webinar series ketiga dengan tema “Inovasi Berwirausaha di Kala Pandemi” dengan menghadirkan juga dua narasumber, Diah Ayu Gustiningsih, Dosen STIE Tri Dharma Nusantara dan Owner Rumah Produksi Tempe Tanjung, dan Dr La Ode Ismail Ahmad, Dosen MPI.

Berakhirnya webiner ini sekaligus menutup perayaan Milad Prodi MPI Ke-27 tahun. Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan atau HMJ, Tesar Arwandi menyampaikan rasa syukurnya webiner dapat terlaksana. Dia berharap mahasiswa dapat berpikir mandiri membuka usaha.

“Alhamdulillah bersyukur berkat adanya webinar ini yang di mana selama tiga hari terdapat berbagai materi-materi yang sangat bermanfaat, apalagi khususnya kita (mahasiswa) yang berpikir cara bagaimana menjadikan seorang mahasiswa mandiri mampu membuka usaha, mulai bekerja menghasilkan penghasilan sendiri karena saya rasa di kehidupan sekarang, kita dituntut untuk lebih maju lagi kedepannya,” paparnya.

Dia juga berharap, kegiatan webiner kependidikan wirausaha ini dapat digalakkan kembali dengan bekerjasama dengan instansi lainnya.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 04 April 2021 08:12
Komentar