Logo Header

Dukung Hari Kebudayaan ke-3, Kemendikbud Ingatkan Filosofi Budaya

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 24 Maret 2021 22:27
Dukung Hari Kebudayaan ke-3, Kemendikbud Ingatkan Filosofi Budaya

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Hari Kebudayaan ke-3 yang akan digelar pada 1 April mendatang, terus menuai dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Melalui Kepala Pokja Diplomasi Budaya Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya, Yayuk Sri Budi Rahayu, Kemendikbud memberikan support agar even tahunan ini berjalan sukses dan menjadi kelender tahunan Kota Makassar.

“Kemendikbud berharap dengan acara ini, filosofi kebudayaan makin dipahami masyarakat Makassar. Sehingga mereka paham filosofi pakaian adat, dan filosofi acara-acara adat. Jika ini dilestarikan, akan menambah khasanah kebudayaan di Makassar,” ujar Yayuk saat bertemu Plt Kadis Kebudayaan Kota Makassar, Herfida Attas.

Herfida memang ke Jakarta selama tiga hari guna mempromosikan Hari Kebudayaan Kota Makassar. Ia membawa sejumlah pejabat struktural dinas untuk berdiskusi dengan dua kementerian yang membawahi kebudayaan, yakni Kemendikbud dan Kemenparekraf.

Yayuk lalu menjelaskan, perlunya pemerintah daerah untuk terus berkoordinasi dengan pusat. Sebab banyak agenda pusat yang bisa dimaksimalkan pemda.

Contohnya, Karapan Budaya Jalur Rempah. Even ini menggunakan kapal Dewa Ruci akan melewati titik jalur rempah. Salah satunya Makassar yang merupakan titik ke 3.

Kapal yang membawa 186 awak itu akan bersandar di Makassar selama 4 hari 3 malam. Saat bersandar akan banyak sajian acara untuk menyambut kapal Dewa Ruci diantaranya Festival Jalur Rempah, Pameran Kuliner tradisional dan sajian makan malam tradisional dari berbagai daerah yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan. (*)

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 24 Maret 2021 22:27
Komentar